Sebuah Error 88780078 dapat terjadi pada Windows ketika komputer mencoba untuk memutar file audio. Error 88780078 ini menunjukkan bahwa ada masalah bad DirectSound driver pada komputer. Kesalahan ini paling sering dikaitkan dengan penggunaan WinAmp untuk memainkan file audio pada Windows XP, Vista, atau Windows 7. Meskipun kesalahan telah banyak dikaitkan dengan penggunaan WinAmp tetapi juga bisa dipicu saat menggunakan pemutar audio lain di komputer Anda.

Langkah-langkah untuk Memperbaiki error 88780078

  1. Langkah 1 – Buka [Control Panel] di komputer Anda dengan memilih [Start]>[Settings]> [Control Panel].
  2. Langkah 2 – Pilih tab [Audio] dan lakukan verifikasi informasi yang tercantum di bawah bagian menu [Default Device] yang terletak di bawah label [Sound playback] menu. Jika kartu suara anda saat ini tidak terdaftar di daerah ini, maka Anda menginstall kebali card audio atau drivernya.
  3. Langkah 3 – Setelah card audio terdeteksi kembali pilih menu pilihan [Administrative Tools] yang terletak di bawah menu [Control Panel] utama.
  4. Langkah 4 – Pilih shortcut [Named Services] pada menu yang selanjutnya ditampilkan.
  5. Langkah 5 – Klik kanan pilihan menu [Windows Audio] dan pilih opsi untuk me-restart layanan audio.
  6. Langkah 6 – Jika kesalahan tersebut masih berlanjut, jalankan WinAmp atau pemutar media lain dan kemudian klik kanan untuk menampilkan daftar fungsi yang tersedia untuk digunakan dalam program.
  7. Langkah 7 – Pilih menu label [Options] pada WinAmp dan kemudian klik [Preference ].
  8. Langkah 8 – Pilih menu [Plug-in] dan kemudian pilih [Output].
  9. Langkah 9 – Ubah [Sound Card Settings] konfigurasi dalam [Output Box] dan ubah pengaturan kartu suara yang tidak merespon suara komputer Anda.
  10. Langkah 10 – Pilih “Save” atau “Ok” dan kesalahan 88780078 seharusnya sudah hilang.

Semoga berhasil…..